Kemenag validasi 158.000 jemaah haji untuk vaksinasi Covid-19

  • Whatsapp
939299387p

ILUSTRASI. Masjidil Haram di Mekkah

Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Yudho Winarto

Read More

RUMAHPUTIH.COM – JAKARTA. Kementerian Agama (Kemenag) memvalidasi data calon jemaah haji untuk memperoleh priotitas vaksin virus corona (Covid-19).

Total terdapat 158.000 calon jemaah haji yang telah divalidasi oleh Kemenag. Data tersebut pun telah dapat diakses oleh Kementerian Kesehatan.

“Hari ini, tercatat sudah ada 158 ribu update data jemaah yang sudah bisa juga diakses Kementerian Kesehatan untuk didaftarkan dalam usulan prioritas vaksinasi tahap kedua,” ujar Plt Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Oman Fathurahman dalam siaran pers, Jumat (19/2).

Oman bilang langkah tersebut merupakan tindak lanjut dari surat Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas kepada Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Surat tersebut berkaitan dengan perlindungan kesehatan bagi jemaah haji.

Baca Juga: Daerah di Arab Saudi ini turun salju, ada yang merayakan, ada yang iri

Program vaksinasi didorong untuk mengantisipasi bila Arab Saudi membuka kuota haji bagi Indonesia tahun 2021 atau 1442 hijriah. Meski pun hingga saat ini belum ada kepastian terkait hal tersebut.

“Ini sebagai langkah antisipasi jika Pemerintah Arab Saudi memutuskan untuk memberikan kuota jemaah haji 1442H kepada Indonesia,” terang Oman.

Sebagai informasi, pada tahun 2020 terus, Indonesia tak memberangkatkan jemaah haji dampak pandemi Covid-19. Arab Saudi pun hanya membuka pelaksanaan ibadah haji bagi masyarakat Arab Saudi.

Pada akhir tahun 2020, Arab Saudi kembali membuka akses bagi jemaah umrah. Tetapi, dampak naiknya kembali kasus Covid-19 di Arab Saudi, akses kembali ditutup bagi 20 negara termasuk Indonesia.

BACA JUGA:  Akhirnya lakukan penerbangan perdana, ini kemampuan jet tempur F-15EX buatan AS

Oman bilang validasi data mau terus dilakukan oleh pemerintah. Hal itu untuk memastikan jemaah haji yang telah melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) dapat memperoleh prioritas vaksinasi.

Baca Juga: Meski belum ada kepastian dari Arab Saudi, biaya haji 2021 tetap disiapkan

“Kami mau terus update dan diharapkan dalam waktu dekat ini seluruh jemaah yang telah lunas sudah bisa juga didaftarkan pada program vaksinasi tahap II,” tandasnya.

Program Vaksinasi tahap II sudah bergulir sejak 17 Februari 2021. Program ini diperuntukkan bagi petugas pelayanan umum dan lansia.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda mau menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa juga digunakan berbelanja di KONTAN Store.



Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *