Kasus mafia tanah ibu dari Dino Patti Djalal, Polda Metro Jaya tangkap Fedy Kusnadi

  • Whatsapp
1342833237p

ILUSTRASI. Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran

Sumber: TribunNews.com | Editor: Khomarul Hidayat

Read More

RUMAHPUTIH.COM – JAKARTA. Polda Metro Jaya menangkap Fredy Kusnadi terkait kasus mafia tanah yang dialami ibunda mantan Wakil Menteri luar Negeri Dino Patti Djalal.

Penangkapan dilakukan di daerah Kemayoran, Jakarta, Jumat (19/2) pagi. Polisi menemukan dua alat bukti terkait keterlibatan Fredy Kusnadi pada kasus ini.

“Terkait dengan saudara FK, tadi pagi tim penyidikan telah melakukan penangkapan di Kemayoran. Karena telah ditemukan dua alat bukti keterlibatan yang bersangkutan dalam kelompok mafia tanah,” terang Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Muhammad Fadil Imran pada siaran langsung Kompas TV, Jumat (19/2).

Berdasarkan tiga laporan yang diterima, Fadil menyebut total 15 tersangka telah ditangkap dalam kasus mafia tanah itu. “Ada 15 tersangka yang dapat ditangkap,” kata Fadil.

Baca Juga: Babak baru kasus mafia tanah Ibu Dino Patti Djalal: Saling lapor, ini kronologisnya

Kata Fadil, kelompok mafia tanah ini terdiri dari beraneka peran untuk meluncurkan aksinya, dari aktor intelektual hingga pegawai Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT).

Pertama, ada yang bertindak sebagai aktor intelektual. Kedua, ada yang bertindak sebagai pihak yang menyiapkan sarana dan prasarana. Ketiga, ada yang betindak sebagai figur yang mengaku sebagai pemilik atas tanah dan bangunan. Keempat, ada yang berperan sebagai staff PPAT.”

“Dan ada juga yang bertindak sebagai figur pemilik sertifikat tanah,” terang Fadil.

Dalam menyelidiki kasus ini, polisi membagi peran menjadi beberapa klaster, yakni korban pemilik sertifikat hak milik tanah, kelompok pelaku mafia tanah, dan korban pembeli yang beritikad baik.

BACA JUGA:  Ini skema pembayaran dalam iuran Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP)

Adapun pengungkapan kasus ini dilakukan oleh Satuan Tugas (Satgas) Mafia tanah, yang merupakan hasil kerjasama antara Direktorat Tipidum dengan Kementerian ATR/BPN.

Fadil menyebut, satgas ini bakal terus berupaya untuk melindungi masyarakat dari kasus mafia tanah.

Bahkan, kata Fadil, Kapolri Listyo Sigit Prabowo meminta satgas untuk tak ragu menangkap siapaun pihak yang terkait kasus ini.

“Pak Kapolri memerintahkan biar satgas tidak pernah ragu untuk mengungkap kasus mafia tanah, siapa dalangnya, dan siapapun backingnya,” tegas Fadil.

Baca Juga: BPN angkat bicara soal kasus mafia pemalsu sertifikat tanah ibu Dino Patti Djalal

Penulis: Shella Latifa A
Editor: Arif Tio Buqi Abdulah

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul “Polisi Tangkap Fredy Kusnadi terkait Kasus Mafia Tanah Ibu dari Dino Patti Djalal”.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda bakal menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang dapat digunakan berbelanja di KONTAN Store.



Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *