Tingginya rasio kasus positif Covid-19 dapat hambat pemulihan ekonomi Indonesia

  • Whatsapp
471405218p

ILUSTRASI. Tenaga kesehatan melakukan perawatan terhadap pasien Covid-19 di RSUD Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat (12/2/2021). Tingginya rasio kasus positif Covid-19 dapat hambat pemulihan ekonomi Indonesia.

Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Noverius Laoli

Read More

RUMAHPUTIH.COM – JAKARTA. Hampir satu tahun penanganan virus corona (Covid-19), angka rasio kasus positif Indonesia masih tinggi. Berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19, angka rasio kasus positif di Indonesia mencapai 18,5%.

Angka tersebut berdasarkan hasil pemeriksaan sebanyak 6,83 juta warga terdapat 1,26 juta kasus positif.

Angka tersebut masih berada jauh di atas standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebesar 5%. Hal itu diyakini bakal menjadi penghambat dalam pemulihan ekonomi nasional.

Pandemi Covid-19 menekan dunia usaha di Indonesia. Rasio kasus positif yang tinggi bakal memperpanjang pembatasan kegiatan dan menambah tekanan bagi sektor industri yang dapat berdampak pada pemutusan hubungan kerja (PHK).

Baca Juga: Strategi bank menyalurkan KPR tanpa uang muka untuk minimalkan risiko

“Padahal dalam merecovery pertumbuhan ekonomi itu kuncinya ialah daya beli masyarakat,” ujar ekonom INDEF Enny Sri Hartati saat dihubungi Kontan.co.id, Jumat (19/2).

Menurunnya daya beli juga bakal membikin daya saing produk dalam negeri turun. Enny bilang masyarakat bakal menggunakan harga sebagai pertimbangan membeli sehingga barang impor bakal mengalahkaN produk lokal.

Selain di sektor konsumsi, kondisi pandemi Covid-19 juga bakal menjadi penghambat bagi masuknya investasi. Tingkat keyakinan investor bakal menurun. “Investasi yang ada saja mangkrak, tidak survive, apalagi yang baru,” terang Enny.

BACA JUGA:  Sah! Kini kredit mobil dan properti bisa juga tanpa uang muka

Enny bilang Indonesia masih kalah saing dengan Vietnam, Malaysia, dan Thailand dalam menggaet investasi asing. Hal itu terutama untuk sektor industri manufaktur.

Meski begitu masih ada harapan bagi investasi bagi sektor industri jangka panjang. Akan tetapi, hal tersebut tak dapat memberi dampak cepat bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda bakal menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang dapat digunakan berbelanja di KONTAN Store.



Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *