Kemenkes: Vaksinasi Covid-19 lansia pekan depan, dimulai dari kota

  • Whatsapp
1702297615p

ILUSTRASI. Pada tahap awal, lansia yang berdomisili di DKI Jakarta dan ibu kota dari 33 provinsi mau memperoleh suntikan vaksin.

Sumber: Kompas.com | Editor: Wahyu T.Rahmawati

Read More

RUMAHPUTIH.COM – JAKARTA. Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengatakan, vaksinasi Covid-19 bagi lansia mau dilakukan secara bertahap. Pada tahap awal, lansia yang berdomisili di DKI Jakarta dan ibu kota dari 33 provinsi mau memperoleh suntikan vaksin.

“Kenapa di Ibu Kota (DKI Jakarta)? Karena ibu kota paling banyak kasus Covid-19. Karena itu kita fokuskan di ibu kota dulu,” ujar Nadia kepada Kompas.com, Jumat (19/2). Nantinya, lansia di enam kotamadya di DKI Jakarta mau mendapat suntikan vaksin.

Kelima kotamadya itu yaki Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu. Sementara itu, di 33 provinsi lain, vaksinasi mau diberikan kepada lansia yang berdomisili di ibu kota provinsi.

Nadia mencontohkan, di Kota Bandung untuk Provinsi Jawa Barat, Kota Surabaya untuk Provinsi Jawa Timur dan seterusnya. Sementara itu, apabila lansia tak berdomisili di ibu kota provinsi maka tidak apat juga mengikuti vaksinasi di sana.

“Jika lansia tinggal di kabupaten atau kota yang bukan ibu kota provinsi tak apat juga ikut vaksinasi di ibu kota provinsi. Ini per domisili di ibu kota provinsi,” jelas Nadia.

Baca Juga: Vaksinasi Covid-19 tahap 2, Dinkes DKI minta perkantoran siapkan tempat penyuntikan

BACA JUGA:  Admiral Amelko & Chichagov, kapal fregat Rusia pembawa 32 rudal hipersonik

“Akan tetapi, lansia yang tinggal di luar ibu kota provinsi tetap mau mendapat suntikan vaksin Covid-19. Tetapi harus bersabar, mau dilakukan bertahap, menunggu ketersediaan vaksin,” lanjut dia.

Nadia menyebut, total lansia yang menjadi target vaksinasi sebanyak 21,5 juta warga. Sementara itu, ketersediaan vaksinasi Covid-19 untuk lansia saat ini baru tujuh juta dosis. “Tetapi seluruh lansia yang menjadi target mau tetap mendapat vaksin. Tetapi harus sabar, karena bertahap,” tuturnya.

Sebelumnya, Nadia mengungkapkan vaksinasi untuk lansia yang di DKI Jakarta dan ibu kota 33 provinsi lainnya diharapkan apat juga digelar mulai pekan depan. Pada pekan ini, Kemenkes mengharapkan Dinas Kesehatan di daerah sudah mulai melakukan pendataan lansia yang mau menjadi peserta vaksinasi. “Kalau sekarang kita sudah mulai pendataan, diharapkan data itu masuk, dan pekan depan diharapkan Dinas Kesehatan apat juga menyusun jadwal vaksinasi Covid-19 untuk lansia,” ujar Nadia pada Jumat.

Baca Juga: Dilakukan bertahap, vaksinasi tahap dua mau dimulai di 7 Provinsi di Jawa-Bali

“Dan (pekan depan) apat juga segera dimulai. Tetapi mungkin tidak hari Senin ya. Ya mungkin sekitar Rabu atau Kamis baru apat juga dimulai,” lanjut Nadia. Nadia menambahkan, terdapat dua mekanisme pendaftaran untuk vaksinasi lansia.

Pertama, secara online dengan mengakses pendaftaran lewat laman resmi Kemenkes atau laman resmi KPC PEN. Kedua, dengan mengikuti vaksinasi massal yang digelar pemda atau instansi yang bekerja sama dengan Kemenkes.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Kemenkes: Vaksinasi Covid-19 Lansia Dilakukan Bertahap, yang Tidak Berdomisili di Kota Harap Bersabar.
Penulis: Dian Erika Nugraheny
Editor: Dani Prabowo

Baca Juga: Ini aturan vaksin Covid-19 untuk lansia

BACA JUGA:  Ekspor dan belanja modal naik, ekonomi Jepang berangsur pulih

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda mau menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang apat juga digunakan berbelanja di KONTAN Store.



Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *