BMKG: Waspadai hujan lebat pada 23 dan 24 Februari di Jabodetabek

  • Whatsapp
559077584p

ILUSTRASI. Warga menggunakan payung saat hujan turun di Kawasan Jalan Jendral Sudirman, Jakarta Pusat. Untuk periode sepekan ke depan, wilayah Jabodetabek kebanyakan berpotensi hujan dengan intensitas ringan-sedang.

Sumber: Kompas.com | Editor: Wahyu T.Rahmawati

Read More

RUMAHPUTIH.COM – JAKARTA. Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Dwikorina Karnawati mengingatkan warga Jabodetabek untuk waspada terhadap hujan lebat yang bakal mengguyur wilayah Jabodetabek pada tanggal 23 dan 24 Februari 2021.

“Kita waspada hari ini, Sabtu (20/2). Kemudian waspada berikutnya tanggal 23 dan 24,” ucap Dwikorita dalam konferensi pers, Sabtu. Hujan dengan intensitas tinggi diperkirakan bakal mengguyur wilayah Jabodetabek secara merata.

Dwikorita mengungkapkan bahwa untuk periode sepekan ke depan, wilayah Jabodetabek kebanyakan berpotensi hujan dengan intensitas ringan-sedang. “Akan tetapi tanggal 21 Februari, intensitas hujan menjadi rendah. Energinya nampak sudah terlepas untuk hari ini,” kata dia.

Intensitas hujan yang ringan juga masih terlihat pada tanggal 22 Februari. “Tapi (tanggal 22 Februari) di bagian Selatan (Jabodetabek) mulai terbentuk peningkatan intensitas hujan meski dalam kondisi ringan,” tutur dia.

Baca Juga: Curah hujan ekstrem melanda Jabodetabek sejak Kamis, ini penjelasan BMKG

Sementara, Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG Fachri Radjab mengungkapkan bahwa hujan dengan intensitas sedang hingga lebat bakal turun pada tanggal 23 Februari 2021. “Tanggal 23 itu intensitas hujan 24 jam, intensitas sedang hingga lebat. Perlu menjadi kewaspadaan kita, terutama di selatan Jabodetabek, ada potensi banjir,” ucap Fachri dalam kesempatan yang sama.

BACA JUGA:  Gunakan sistem klaster, warga daerah PPKM jadi prioritas vaksinasi Covid-19

Akan tetapi, Fachri menyampaikan bahwa hujan pada tanggal 23 Februari mendatang tidak selebat hujan yang jatuh pada sejak Jumat (19/2) hingga Sabtu. “Kalau dari jumlah curah hujan lebat bahkan sangat lebat, tapi tidak selebat yang terjadi selama 24 jam terakhir,” ucapnya.

Penyebab hujan lebat Adapun, hujan lebat mengguyur Jakarta sejak Kamis (18/2). Dwikorita memaparkan bahwa peningkatan intensitas hujan tersebut dipengaruhi oleh beberapa hal. “Pertama, pada tanggal 18 hingga 19 Februari termonitor adanya aktivitas seruakan udara yang cukup signifikan,” ucap Dwikorita.

Seruakan udara yang signifikan ini menimbulkan peningkatan pembentukan awan hujan di wilayah Indonesia bagan barat. Faktor kedua ialah adanya aktivitas gangguan atmosfer di zona ekuator yang sering disebut sebagai aktivitas equatorial rossby.

Baca Juga: Harga minyak WTI turun 2,1% ke bawah US$ 60 jelang akhir pekan

Dwikorita mengungkapkan bahwa gangguan ini menimbulkan terjadinya perlambatan dan pertemuan angin. “Ada perlambatan dan pertemuan angin dari arah Utara ini kebetulan terjadinya tepat melewati Jabodetabek,” kata Dwikorita.

“Di situlah terjadi peningkatan intensitas pembentukan awan hujan yang akhirnya terkondensasi, terus turun sebagai hujan dengan intensitas tinggi,” ujar dia. Faktor ketiga, ialah adanya tingkat labilitas dan kebasahan udara di sebagian besar wilayah Jawa bagian Barat.

Hal ini menimbulkan peningkatan potensi pembentukan awan-awan hujan di Jabodetabek. “Jadi tingkat labilitas dan kebasahan udara yang berpengaruh dalam peningkatan curah hujan,” kata Dwikorita.

Faktor terakhir ialah terpantaunya daerah pusat tekanan rendah di Australia bagian utara yang membentuk pola konvergensi di sebagian besar pulau Jawa. Menurut Dwikorita, hal tersebut berkontribusi juga dalam peningkatan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah Jawa bagian Barat, termasuk Jabodetabek.

BACA JUGA:  Angkatan Laut Mesir dan Spanyol gelar latihan militer gabungan di Laut Merah

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul BMKG: Waspadai Hujan Lebat pada 23 dan 24 Februari di Jabodetabek.
Penulis: Sonya Teresa Debora
Editor: Bayu Galih

Baca Juga: Pakar tata kelola air: Banjir di Jakarta karena drainase buruk

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda bakal menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang apat juga digunakan berbelanja di KONTAN Store.



Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *