Jokowi: PPKM mikro mampu tekan kasus baru corona

  • Whatsapp
877474427p

ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo bersama dengan Menkes dan Gubernur DKI meninjau vaksinasi Covid-19 bagi pedagang Pasar Tanah Abang, Jakarta (17/2/2021)

Sumber: Kompas.com | Editor: Khomarul Hidayat

Read More

RUMAHPUTIH.COM – JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai, pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro yang dilakukan mulai 9 Februari 2021 terus berhasil menurunkan kasus Covid-19.

Jokowi menyebutkan, penambahan kasus positif Covid-19 secara nasional mulai turun di angka 8.000 atau 9.000. “Tiga minggu terus masih di angka 14.000, 15.0000. Sekarang minggu terakhir kemarin ini sudah di angka 8.000, 9.000. Hanya kemarin ke 10.000. Tapi ini memperlihatkan bahwa PPKM mikro ini kalau kita lakukan serius, ini mau memberikan hasil,” kata Jokowi dalam siaran di kanal Youtube Sekretariat Presiden, Sabtu (20/2).

Jokowi mengatakan, dia sejak awal menginginkan pembatasan berskala mikro. Menurut dia, PPKM yang sebelumnya diterapkan terbukti tidak efektif menekan laju penularan Covid-19.

Baca Juga: UPDATE Corona Indonesia, Sabtu (20/2): Tambah 8.054 kasus baru, jauhi kerumunan

Ia menambahkan, dalam kebijakan PPKM mikro, pemerintah meniru India. India menerapkan “micro lockdown” yang kemudian efektif menurunkan kasus Covid-19.

“Kita juga tanya ke Menteri Kesehatan India karena di sana apat juga terjunnya tajam. Kuncinya, yang kami dengar dari media-media, mereka melakukan lockdown, tidak. Tapi mereka melakukan micro lockdown. Yang awal-awal saya sudah sampaikan PSBB skala mikro,” ujarnya.

Menurut Jokowi, pemberlakuan pembatasan secara luas tidak mau efektif menekan kasus Covid-19.

Ia menegaskan, pembatasan cukup dilakukan di daerah yang masuk kategori zona merah. Dengan begitu, perekonomian masyarakat di daerah lain mau tetap berjalan.

BACA JUGA:  Likuiditas perekonomian turun, ini kata ekonom LPEM FEB UI

“Wong yang merah satu RT, yang dilakukan PSBB satu kota. Ekonominya dong kena. Kalau yang kena satu kelurahan, ya sudah satu kelurahan itu saja yang diisolasi. Tapi bukan satu kota. Itu yang dilakukan India. Meski di awal-awal, India lockdown total. Jadi strateginya sama PPKM mikro, itu yang kita pakai,” kata Jokowi.

Baca Juga: Hingga Sabtu (20/2), kasus aktif corona di Indonesia ada 158.197 kasus

Penulis : Tsarina Maharani
Editor : Egidius Patnistik

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Jokowi: PPKM Mikro Berhasil Tekan Kasus Covid-19”.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda mau menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang apat juga digunakan berbelanja di KONTAN Store.



Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *