Osmo Menjadikan Screen Time Anak Jadi Positif dengan Teknologi Artificial Inteligence

  • Whatsapp
IMG 20210220 215754

Jakarta, RUMAHPUTIH.COM – Salah satu Top 3 Cutting-Edge Tech Gifts 2020 untuk anak-anak di dunia internasional, Osmo akhirnya resmi hadir di Indonesia.

Osmo merupakan suatu revolusi di dunia pendidikan anak-anak usia 3 hingga 12 tahun, yang mengintegrasikan teknologi artificial intelligence (AI) dengan perangkat permainan fisik untuk dimainkan menggunakan tangan.

Dian Asa Sinaga, selaku representatif dan exclusive distributor resmi Osmo di Indonesia, mengatakan teknologi AI dari Osmo ini memperoleh pembuktian secara nyata ketika Osmo memenangkan the Best AI-based Solution for Education Award di Amerika.

Menurut Dian, melalui penyampaian yang sederhana dan menyenangkan, Osmo menghadirkan edukasi kepada anak-anak dengan metode yang interaktif dan terbukti menjadi solusi teknologi yang bersahabat bagi anak-anak dan juga warga tua.

“Dengan menggabungkan dunia digital dengan realitas, anak-anak memperoleh stimulasi otak yang aktif, sekaligus mengasah otak kanan mereka untuk membangun critical thinking dan problem-solving skills. Yang sangat berharga ialah, Osmo malahan menghadirkan materi untuk Steam (Science, Technology, Engineering, Art, Math) akan tetapi dikemas secara interactive dan menarik untuk anak-anak kita.”ujar Dian.

Selain menghadirkan aktifitas Steam, Osmo membantu anak-anak untuk belajar membaca, mengenal suara (phonics), matematika, komunikasi, kewiraswastaan, kreatifitas, koordinasi motorik antara mata dan tangan, serta beraneka aspek edukasi lainnya.

Anak-anak tidak mau menatap layar gadget tanpa interaksi seperti menonton TV, ataupun bermain online games biasa. Sebaliknya, mereka mau belajar berpikir kreatif untuk menemukan solusi dalam sebuah permainan.

“Satu hal lain yang tidak kalah penting, Osmo memperkuat bonding antara anak dengan warga tua karena interaksi dan komunikasi selama bermain dan belajar bersama dengan. Osmo membawa sembilan jenis permainan ke Indonesia dan dua jenis aksesoris. Kami juga mau membawa beberapa Osmo games baru yang sangat menarik di tahun ini.“ jelas Dian.

BACA JUGA:  XL Axiata Raih Pertumbuhan Positif di 2020  

Dikatakan Dian Osmo di desain oleh expert team dibawah pimpinan ex-Google engineers, Pramod Sharma dan Jerome Scholler, di Palo Alto, California.

Osmo juga mengadakan kolaborasi dengan perusahaan mainan terkemuka seperti Disney dan Mattel. Sebagai informasi, Osmo juga telah dijual di lebih dari 40 negara dan di implementasi di lebih dari 31.000 kelas sedunia, serta digunakan oleh lebih dari 2.5 juta keluarga di seluruh dunia. Pada situs e-commerce Amazon.com dan Amazon.co.uk, Osmo telah menarik puluhan ribu customer reviews, semua dengan rating 4-5 bintang.

Lukas Kailimang, Managing Partner dari Kartika Strategic Education Solutions (“K-SES”), sebuah badan konsultasi strategi dan manajemen pendidikan yang berfokus untuk memajukan dunia pendidikan di Indonesia, menekankan bermain mempunyai peran penting dalam proses tumbuh kembang dan pendidikan anak, sedangkan pemahaman budaya kita sering kali memisahkan antara bermain dan belajar.

Osmo memberikan solusi yang inovatif bagi anak-anak kita dengan memadukan learning dan play secara interaktif dan positif. Sangat disayangkan bahwa di era digital ini, banyak media maupun alat permainan yang digunakan anak-anak hanya bersifat pasif dan menghibur, maka tidak mengherankan jika malah kebiasaan buruk atau gadget dependency / addiction-lah yang muncul.

“Oleh karena itu, saya sangat senang dengan kehadiran Osmo di Indonesia. Sebagi alat permainan dan educational technology tool, Osmo ialah alat edutainment yang terbaik yang saya pernah jumpai di Indonesia sampai saat ini,”tutur Lukas.

Sebagai langkah awal, Osmo Indonesia telah membuka akun official store di beberapa e-commerce besar di Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, Blibli, dan JD.id demi memberikan akses secara cepat kepada pelanggan Indonesia.

David Kartono selaku AVP of Business Tokopedia, menyampaikan, kini masyarakat Indonesia, terutama warga tua dan keluarga, bisa juga memperoleh produk Osmo secara lebih mudah dan pasti lewat Official Store di Tokopedia tanpa harus keluar rumah.” turur David.

BACA JUGA:  Google dan Facebook Hampir Mencapai Kesepakatan Pembayaran dengan Media Australia

Kolaborasi ini sejalan dengan komitmen Tokopedia untuk #SelaluAdaSelaluBisa dalam mempermudah kehidupan masyarakat, termasuk membantu lebih banyak keluarga dalam mendukung proses tumbuh kembang anak, terutama di tengah keadaan seperti ini.

Baca Juga:Olike Smart Bottle Ingatkan Si Kecil Untuk Minum Dengan Cara Menyenangkan

Sejak masa pre-order di Desember 2020 sampai hari ini, Osmo telah menjual kepada pelanggan dari Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Bali, Tarakan, Balikpapan, Pekanbaru, hingga kota Mataram di Nusa Tenggara Barat.

Osmo saat ini sedang berdiskusi dengan beberapa peritel offline untuk memperkenalkan konsep Osmo secara langsung. Saat ini, Osmo telah hadir di Books & Beyond di Lippo Mall Puri.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *