Lucid Motors segera go public melalui Klein SPAC

  • Whatsapp
1478857103p

ILUSTRASI. ilustrasi merger dan akuisisi, mergers and acquisitions 

Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Herlina Kartika Dewi

Read More

RUMAHPUTIH.COM – CALIFORNIA. Lucid Motors Inc. mendekati kesepakatan untuk go public melalui merger dengan perusahaan cek kosong alias perusahaan cangkang yang dimulai oleh bank investasi Michael Klein yang bakal diumumkan awal pekan depan. Melansir artikel Bloomberg, Minggu (21/2), entitas gabungan ini nantinya mau bernilai sebanyak US$ 15 miliar, menurut sumber yang mengetahui hal ini. 

Akuisisi perusahaan ini pun sudah memasuki tahap pembicaraan. Rencananya perusahaan berniat mengumpulkan dana antara US$ 1 miliar hingga US$ 1,5 miliar dari investor institusional untuk mendukung transaksi tersebut. Tetapi, valuasi dan jumlah dana tambahan masih dapat berubah berdasarkan permintaan investor. 

Produsen kendaraan listrik ini dikabarkan mau mengumumkan kesepakatan itu pada Selasa (23/2) mendatang. Tetapi, lantaran pembicaraan masih berlangsung, seluruh rencana itu masih bisa juga diundur. 

Klein, mantan penasihat Citigroup Inc ini disebut-sebut mau menggunakan Churchill Capital Corp IV, perusahaan akuisisi tujuan khusus (SPAC) terbesarnya yang telah mengumpulkan dana lebih dari US$ 2 miliar khusus untuk transaksi tersebut. Lucid di sisi lain, didukung oleh dana kekayaan kedaulatan Arab Saudi. 

Baca Juga: Apple dikabarkan gandeng Hyundai untuk produksi Apple Car

Sayangnya, perwakilan Lucid Motors menolak berkomentar. Pun, perwakilan Klein tidak dapat memberikan komentar. Saham Churchill Capital Corp IV telah melonjak lebih dari lima kali lipat sejak Bloomberg pertama kali melaporkan rencana pembicaraan ini bulan terus.

BACA JUGA:  Kerusuhan di penjara Ekuador tewaskan 79 narapidana

Klein telah memainkan peran penting dalam memandu investasi kerajaan Arab Saudi, melayani sebagai penasihat untuk dana investasi publik. Di antara kesepakatan lainnya, Klein juga menjadi penasihat terkait penawaran umum perdana Saudi Aramco. 

Beberapa produsen kendaraan listrik telah melakukan kesepakatan dengan SPAC karena perusahaan rintisan ini sedang berusaha untuk meningkatkan dan mengumpulkan uang untuk bersaing dengan pemimpin industri Tesla Inc. Lucid nantinya mau menjadi salah satu perusahaan kendaraan listrik yang memiliki cukup dana untuk mengambil tantangan tersebut. 

Lucid juga mau menjadi salah satu kesepakatan SPAC terbesar yang diumumkan sejak reli saham dimulai. Tapi, ada kemungkinan Lucid mau dikalahkan oleh merger United Wholesale Mortgage LLC dengan Gores Holdings IV Inc, yang bernilai sekitar US$ 16 miliar. 

SPAC juga menarik banyak investor terkemuka, sebut saja Michael Dell, Paul Singer, salah satu pendiri Facebook Inc. Eduardo Saverin dan mantan CEO Xerox Corp, Ursula Burns. Seluruh nama itu bergabung dalam parade cek kosong yang diteken pada hari Jumat (19/2) terus. 

SPAC telah mendominasi IPO tahun ini, menyumbang 63% dari hampir US$ 77 miliar dana yang dikumpulkan di bursa Amerika Serikat (AS), menurut data Bloomberg. Termasuk pendatang baru di pekan terus, tercatat sudah ada 146 SPAC yang telah diajukan sejak 1 Januari 2021. 

Seluruhnya sedang menunggu giliran IPO dalam waktu dekat dengan nilai mencapai US$ 40 miliar. 

 




Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *