Pesan Satgas: Pakai masker N95 di area RS dan mengunjungi warga sakit

  • Whatsapp
2121810779p

ILUSTRASI. Untuk mencegah penularan Covid-19, jenis masker harus disesuaikan dengan risiko penularan virus di suatu lokasi.

Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Read More

RUMAHPUTIH.COM – JAKARTA. Masyarakat diminta untuk selalu memperhatikan penggunaan masker. Menurut Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satuan Tugas Covid-19 Brigjen TNI (Purn) dr. Alexander K Ginting, untuk mencegah penularan Covid-19, jenis masker harus disesuaikan dengan risiko penularan virus di suatu lokasi. 

“Kalau kita di daerah rumah sakit, mengunjungi warga sakit atau pergi ke daerah terkonfirmasi (virus corona), maka kita harus pakai (masker) N95 atau KN95 atau sejenisnya,” kata Alexander, dalam diskusi virtual yang ditayangkan YouTube BNPB Indonesia, Minggu (21/2/2021). 

Alexander tidak menyarankan masyarakat menggunakan masker kain ketika berada di area rumah sakit atau mengunjungi warga yang sakit. Masker kain juga tak disarankan digunakan di area publik seperti pusat perbelanjaan atau pasar. 

Di area publik, masyarakat hendaknya menggunakan masker medis atau surgical mask. Sementara, masker kain dapat digunakan di lingkungan rumah atau lokasi yang sudah diketahui dengan baik. 

Baca Juga: Cara buang masker sekali pakai yang benar supaya tak mencemari lingkungan

Menurut Alexander, setiap jenis masker memberikan tingkat perlindungan yang berbeda terhadap virus. Masker N95 atau KN95 mampu memberikan perlindungan hingga lebih dari 95%. Sementara, masker medis atau surgical mask melindungi 70 hingga 80%. Sedangkan masker kain memberikan perlindungan 40 sampai 45%. 

“Kita tidak melarang masker kain tapi kita harus sampai kan informasinya,” ujar Alexander. 

BACA JUGA:  Program PKMI 2021 dari Ditjen Dikti, buat mahasiswa yang cari modal usaha

Baca Juga: 3 Kesalahan dan yang perlu dilakukan dalam penggunaan masker Covid-19 secara benar

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Subbidang Penanganan Buangan Medis Bidang Penanganan Kesehatan Satuan Tugas Covid-19 dr. Lia G Partakusuma mengatakan, pengunaan masker kain harus sesuai dengan standar yakni yang mempunyai 3 lapisan. 

Ia pun mengingatkan masyarakat untuk terus menjaga kebersihan masker, misalnya menggunakan masker baru setiap hendak naik kendaraan umum, hingga mengganti masker yang kotor atau basah. 

“Apakah itu masker kain maupun masker medis kalau sudah basah sebaiknya diganti, jadi tidak pakai seharian satu masker,” kata Lia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Satgas: Gunakan Masker N95 di Area RS dan Mengunjungi Warga Sakit”
Penulis : Fitria Chusna Farisa
Editor : Kristian Erdianto

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda bakal menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang dapat digunakan berbelanja di KONTAN Store.



Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *