Samsung Tukar Tizen dengan Wear OS di Galaxy Watch Generasi Berikutnya

  • Whatsapp
IMG 20210222 070156

Jakarta, RUMAHPUTIH.COM – Sejak debut 2014, smartwatch Samsung menggunakan OS besutan sendiri, Tizen OS. Akan tetapi bocoran terbaru dari sumber yang terdipercaya memperlihatkan raksasa Korea Selatan itu apat juga segera beralih sistem operasi ke Wear OS.

Menurut keterangan rahasia Ice Universe, Galaxy Watch berikutnya bakal “menggunakan Android untuk menggantikan Tizen.” Kemungkinan Samsung bakal mengadopsi Wear OS pada Galaxy Watch Active 3, yang diprediksi debut pertengahan tahun ini.

Alasan mengapa Samsung ingin membuang sistem operasi Tizen-nya pada smartwatch di masa depan tidak diungkapkan, tetapi hal itu mungkin ada hubungannya dengan aplikasi dan dukungan yang ditawarkan oleh pengembang.

Dibandingkan smartphone, fitur smartwatch jauh lebih sederhana. Strategi Google untuk Wear OS tergolong berantakan di tahun-tahun sebelumnya, yang berarti Tizen harusnya mampu bersaing dengan sistem operasi berbasis Android milik Google.

Beberapa tahun ini Samsung menawarkan aneka smartwatch terbaik, tetapi kenyataannya wearable device semakin bergantung pada aplikasi pihak ketiga dan dukungan yang dibawa oleh Wear OS Google tidak bakal cocok dengan Tizen Samsung saat ini.

Maka dari itu, demi kesenjangan ekosistem jajaran smartwatch-nya, Samsung bakal menukar Tizen dengan Wear OS.

Tentu saja, perubahan yang dilaporkan ini apat juga menjadi pertanda bahwa Samsung mengakui kekalahan di bagian OS, setidaknya dalam hal perangkat wearable yang lebih kompleks. Akan tetapi, di mata konsumen, langkah tersebut semakin menambah katalog jam tangan pintar dengan Wear OS untuk dipilih.

BACA JUGA:  Maxstream Rilis Serial Orisinal Baru, Unik dan Misterius

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *