PDB per kapita turun, Indonesia bisa juga lebih lama keluar dari middle income trap

  • Whatsapp
1354150859p

ILUSTRASI. KRL Commuter Line melintas dengan latar belakang gedung bertingkat di Pejompongan, Jakarta, Rabu (6/1/2021). ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/rwa.

Reporter: Bidara Pink | Editor: Tendi Mahadi

Read More

RUMAHPUTIH.COM – JAKARTA. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, ekonomi Indonesia pada tahun 2020 minus 2,07% yoy. Dengan demikian, Produk Domestik Bruto (PDB) Atas Dasar Harga Berlaku (ADHB), tercatat sebesar Rp 15.434,2 triliun. 

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, dengan menurunnya pertumbuhan ekonomi Indonesia ditambah ada pertambahan penduduk, maka PDB per kapita pada tahun 2020 mengalami penurunan. 

“PDB per kapita ADHB tercatat Rp 56,9 juta rupiah atau setara US$ 3.911,7. Karena pertumbuhan ekonomi turun dan di sisi lain penduduknya bertambah,” terang Suhariyanto beberapa waktu terus. 

Baca Juga: DPR menilai holding ultra mikro malahan bisa juga memperkecil jangkauan kredit usaha kecil

Ekonom Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Yusuf Rendy melihat, penurunan PDB per kapita pada tahun terus tak lepas dari efek pandemi Covid-19 yang melemahkan aktivitas perekonomian Indonesia di tahun terus. 

“Karena ini, ada penurunan produksi barang dan jasa di sepanjang tahun risiko dari beragam kebijakan penanggulangan Covid-19, termasuk pembatasan sosial berskala besar (PSBB),” jelas Yusuf kepada Kontan.co.id, Senin (8/2). 

Senada dengan Suhariyanto, Yusuf juga melihat penurunan PDB per kapita seiring dengan meningkatnya penduduk Indonesia di tahun 2020 menjadi 270,2 juta jiwa dari 237,6 juta jiwa pada tahun 2010. 

Peningkatan penduduk Indonesia ini tentunya mempengaruhi hasil PDB per kapita karena , perhitungan pendapatan per kapita ialah PDB dibagi dengan total jumlah penduduk. 

BACA JUGA:  Catat, ini cara membikin akun Kartu Prakerja gelombang 12

Baca Juga: Pemerintah bakal suntik modal Rp 42,48 triliun untuk 9 BUMN, ini daftarnya

Lebih lanjut, masih adanya pandemi ini dikhawatirkan mampu menjadi batu sandungan bagi Indonesia untuk keluar dari jebakan kelas menengah atau middle income trap.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda bakal menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa juga digunakan berbelanja di KONTAN Store.



Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *