Dapat Ancaman Pembunuhan, Wasit Liga Inggris Mike Dean Minta Diistirahatkan

  • Whatsapp
dapat ancaman pembunuhan wasit liga inggris mike dean minta diistirahatkan PeSCvHJA59

LONDON – Salah satu wasit senior Liga Inggris, Mike Dean, meminta semoga dirinya diistirahatkan dari tugas akhir pekan ini. Permintaan itu diajukan setelah dirinya dan keluarga mendapat ancaman pembunuhan secara masif gara-gara keputusan kontroversial pada laga-laga Liga Inggris yang dipimpin.

Beberapa keputusan Mike Dean belakangan ini memang menjadi sorotan tajam. Salah satunya ialah kartu merah kepada bek Southampton, Jan Bednarek, di laga kontra Manchester United. Setelah The Saints mengajukan banding, kartu merah itu dicabut oleh Premier League.

Baca juga: Legenda Liverpool: Alisson Becker Buat Kesalahan Amatir

Dilansir dari Daily Mail, Selasa (9/2/2021), Mike Dean sudah melaporkan beragam ancaman pembunuhan terhadapnya dan keluarga, ke Kepolisian Merseyside. Wasit berusia 52 tahun itu juga meminta diistirahatkan sementara dari tugasnya ke operator kompetisi.

Mike Dean memimpin laga Man United vs Southampton (Foto: Reuters/Phil Noble)

Pihak Premier League mengabulkan permintaan Mike Dean. Bakal tetapi, ia masih tetap ditugaskan untuk mengadili laga babak kelima Piala FA 2020-2021 antara Leicester City vs Brighton & Hove Albion pada Kamis 11 Februari dini hari WIB.

Baca juga: Sudah Kalah, Liverpool Pun Ukir Rekor Buruk di Liga Inggris

Mike Dean dikenal sebagai wasit yang tak kenal kompromi di atas lapangan hijau. Walau begitu, ia juga cukup eksentrik kala memimpin pertandingan. Dean pernah mengerjai Sergio Aguero dengan menyembunyikan bola usai sang striker mencetak hattrick.

Sebagai wasit berpengalaman, Mike Dean sebetulnya cukup sering mendapat kritik tajam. Bakal tetapi, ancaman pembunuhan terhadap istrinya, Karam, dan dua warga putrinya, dinilai sudah melampaui batas.

Kendati diistirahatkan dari kewajiban memimpin pertandingan akhir pekan ini, Mike Dean bisa juga saja diberi tugas yang lain, seperti menjadi wasit cadangan atau petugas VAR. Premier League sendiri belum merilis siapa-siapa saja yang bertugas akhir pekan ini. Tetapi, permintaan Dean sudah pasti dikabulkan.

BACA JUGA:  Timo Werner Tak Kunjung Cetak Gol, Thomas Tuchel Sabar Menanti

Dukungan bagi Mike Dean pun mengalir dari PGMOL (otoritas yang berwenang menunjuk wasit) serta Premier League. Tak lupa, kedua lembaga itu mengutuk keras ancaman pembunuhan yang diarahkan kepada Mike Dean serta keluarganya.

Mike Dean memberi kartu merah pada Tomas Soucek (Foto: Reuters/Phil Noble)

“Ancaman seperti ini sungguh tidak bisa juga diterima dan kami mendukung penuh keputusan Mike Dean untuk melaporkan ancaman-ancaman tersebut ke polisi,” tutur Direktur Pelaksana PGMOL, Mike Riley.

“Sangat tidak bisa juga diterima melihat Mike Dean dan keluarganya menerima perlakuan buruk di media sosial, termasuk ancaman pembunuhan, sebagai konsekuensi dari pekerjaannya di Liga Inggris,” tegas Chief Executive Premier League, Richard Masters.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *