Jokowi sebut pers menjadi ruang diskusi dan kritik penanganan pandemi

  • Whatsapp
301545607p

ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo meluncurkan Gerakan Nasional Wakaf Uang (GNWU) di Istana Negara, Senin (25/1).

Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Noverius Laoli

Read More

RUMAHPUTIH.COM – JAKARTA. Presiden Joko Widodo turut memperingati Hari Pers Nasional 2021. Jokowi menyebut, pers menjadi suluh penerang dalam memberikan infromasi terkait Covid-19 serta menjadi ruang diskusi untuk penanganan Covid-19.

“Bagi pemerintah, pers telah menjadi suluh yang menerangi dan membuka pikiran, serta menyingkap segala informasi yang benar dari sumber terpercaya mengenai Covid-19 dan vaksinasi massal yang sudah kita mulai. Dan tentu saja, pers menjadi ruang yang lapang untuk diskusi dan kritik untuk penanganan dampak pandemi yang lebih baik,” ujar Jokowi dalam akun instagramnya, Selasa (9/2).

Hal senada juga disampaikannya dalam Peringatan Hari Pers Nasional Tahun 2021. Jokowi pun mengucapkan terima kasih kepada insan pers karena turut membantu pemerintah dalam mengedukasi masyarakat semoga menerapkan protokol kesehatan.

Meski begitu Jokowi menyadari bahwa di tengah pandemi Covid-19, pers turut mengalami beraneka tantangan. “Saya tahu industri pers sebagaimana sektor swasta yang lain sedang menghadapi masalah perusahaannya, masalah keuangannya yang juga tidak mudah,” ujarnya.

Baca Juga: Jokowi siapkan 5.000 vaksin Covid-19 untuk awak media di akhir Februari

Jokowi pun menyebut pemerintah sudah berusaha meringankan beban industri media dengan memasukkan PPh PPh 21 dalam daftar pajak yang ditanggung pemerintah hingga Juni 2021.

Tak hanya itu, dilakukan pula pengurangan PPH badan, pembebasan PPH impor,  percepatan restitusi, insentif abonemen listrik. Dimana insentif tersebut juga berlaku hingga Juni 2021.

BACA JUGA:  Selain bidik pasar otomotif Australia, Mendag juga targetkan wilayah ini

“Keringanan dan bantuan yang diberikan kepada media dan awak media tersebut memang tidak seberapa, saya tahu. Perlu saya sampaikan beban fiskal pemerintah juga berada pada posisi yang sangat berat, selain berat untuk menangani permasalahan kesehatan juga berat dalam menggerakkan perekonomian tatkala sektor swasta mengalami perlambatan yang signifikan,” kata presiden.

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda mau menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang apat juga digunakan berbelanja di KONTAN Store.



Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *